Sejarah Bola Voli Ball

Sejarah olah raga voli bal adalah,Olahraga yang mengunakan bola banyak macamnya. Salah satunya ialah olahraga bola voli. Anda pasti tahu dan pernah mendengar olahraga ini bukan? Namun tahukah anda tentang sejarah bola voli?

Bola Voli merupakan salah satu olahraga yang  sangat populer di Indonesia maupun di kancah internasional. Olahraga ini dimainkan oleh dua grup berlawanan dengan enam orang pemain pada masing masing grup. Seperti apakah perkembangan dan sejarah bola voli?

Lalu bagaimana peraturan bola voli dan tehnik bermain bola voli? Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, mari kita simak artikel di bawah ini.

Awal Mula Ditemukannya Olahraga Bola Voli

Olahraga Bola Voli berada dibawah arahan Federation Internationale de Volleyball (FIVB) yang merupakan induk organisasi Voli Internasional. Di Indonesia sendiri yang Bola Voli berada dibawah naungan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Kini sudah banyak Klub – klub lokal yang mempunyai kualitas yang sangat bagus dan mencetak pemain pemain muda bertalenta.

Bola Voli pertama kali ditemukan oleh seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yaitu William G. Morgan pada 9 Februari 1895 di Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat. Pada awalnya olahraga ini bernama Mintonette,yang diajarkan oleh Morgan pada suatu organisasi yaitu Young Men’s Christian Association (YMCA).

Pada awalnya Morgan bertemu dengan James Naismith (penemu olahraga Bola Basket), karena terinspirasi oleh James Naismith akhirnya Morgan menciptakan olahraga baru yang bernama Mintonette (Bola Voli) empat tahun setelah adanya permainan Bola Basket.

Mintonette sendiri mengadopsi dan menggabungkan beberapa olahraga seperti Baseball, Tenis, Bola Basket, dan Bola Tangan.

Baca Juga:7,Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Wajah yang cantik

Perubahan Nama Menjadi Bola Voli

Mintonette pada awalnya diciptakan khusus untuk anggota YMCA yang telah menginjak usia dewasa, perubahan nama menjadi Volley Ball (Bola Voli) terjadi pada tahun 1896 tepatnya pada pertandingan pertamanya pada event International YMCA Training School.

Pada event tersebut Morgan menjelaskan permainan Bola Voli dihadapan semua instruktur Pendidikan jasmani, dengan membawa dua tim yang masing-masing tim terdiri dari lima orang. Ia menjelaskan bahwa permainan Bola Voli ini adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun diluar ruangan dan ia juga menjelaskan bahwa permainan ini bisa dimainkan oleh banyak pemain.

Sejarah Bola Voli Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, permainan Bola Voli ball masuk pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1928. Namun saat itu permainan ini hanya dapat dimainkan oleh bangsawan dan orang orang Belanda. Untuk mengembangkan olahraga di Indonesia pada masa itu guru-guru Pendidikan jasmani berasal dari Belanda.

Selain dari Pendidikan jasmani, Bola Voli ball juga berkembang berkat para anggota tantara yang sering bermain Bola Voli di  asrama dan di lapangan terbuka, mereka pun sering mengadakan pertandingan antar regu atau antar negara.

perkembangan olahraga Bola Voli ball di Indonesia sangat pesat. Banyaknya klub –  klub yang bermunculan di kota – kota besar di Indonesia melahirkan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) pada tanggal 22 Januari tahun 1955. Pada saat itu pula dilaksanakan pertandingan Bola Voli pertaama kalinya di Indonesia.

0 Response to "Sejarah Bola Voli Ball"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel