5, Manfaat Buah Cengkeh untuk Kecantikan Dan Juga Bisa Membunuh Bakteri

 Hay sahabat buah cengkeh banyak sekali di manfaatkan sebagei rempah rempah untuk membuat berbagi masakan dan minuman,

 Ciri kahas cengkeh terletak pada wanginya yang harum.

 Namun, selain pemanfaatan dalam bidang kuliner, ia juga dapat diolah menjadi obat alami. Ternyata, cengkeh dapat dimanfaatkan untuk kecantikan, kesehatan, sampai mampu untuk membunuh bakteri jahat pada tubuh. Nah, benarkah pernyataan tersebut?

 Yuk, simak keterangan dan ulasan manfaat cengkeh berikut ini! 

1. Menghilangkan Jerawat

Manfaat dari cengkeh pertama adalah dalam hal kecantikan yakni dapat menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Kandungan antimikroba tinggi pada minyak cengkeh dapat membantu atasi jerawat kulit. Minyak cengkeh sudah teruji mampu mencegah pertumbuhan bakteri Staphylococcus pemicu jerawat, bisul, ruam, lepuh, dan impetigo. 

Bukan itu saja, minyak cengkeh juga mampu menyingkirkan guratan-guratan pada kulit dan membantu membuat kulit semakin lembut. Cara mengobatinya ialah dengan mengusapkan kapas yang sudah ditetesi minyak cengkeh dan madu ke daerah kulit yang berjerawat. Setelah daerah kulit mengering, barulah basuh dengan air bersih.

2. Mengobati Berbagai Masalah Kulit 

Manfaat dari cengkeh juga bisa dirasakan ketika kulit terkena masalah. Kandungan antiseptik pada minyak cengkeh bermanfaat untuk mencegah adanya infeksi. Oleh karena itu, minyak cengkeh mampu membantu mengobati ragam masalah kulit seperti luka, kudis, kutu air, memar, biang keringat, dan gigitan serangga. Perlu diperhatikan bagi pemilik kulit sensitif dan luka terbuka wajib berhati-hati dalam memakai minyak cengkeh. 

3. Menjaga Fungsi Hati

Kandungan antioksidan pada cengkeh dapat menjaga fungsi hati lebih ideal dengan cara melindungi organ dari dampak radikal bebas. Untuk efek jangka panjangnya, metabolisme mampu memperkuat produksi radikal bebas dan profil lipid, serta meminimalisir antioksidan di hati. Cengkeh mempunyai sifat hepatoprotektor yang dapat membantu untuk menangkal efek tersebut. 

4. Meredakan Sakit Gigi

Manfaat cengkeh berikutnya ialah dapat meredakan sakit gigi. Hal ini karena ia bersifat anti kuman dan anestesi yang sangat bagus untuk mengobati sakit gusi, sakit gigi, dan sariawan. Manfaat lainnya, minyak cengkeh dan molekulnya juga bisa mencegah erosi gigi yang bermasalah.

Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan kapas yang sudah dikasih minyak cengkeh dan minyak zaitun ke gigi yang di bagian sakitnya. Sesudah itu, kumur-kumur pakai air hangat. Campuran ini juga mampu mengusir bau mulut. Perlu diperhatikan untuk tidak meneteskan cengkeh pada sariawan yang parah dan luka terbuka. 

5. Mengatasi Tukak Lambung

Tukak lambung terjadi karena asam lambung atau lendir lambung menipis. Nah, manfaat cengkeh dapat dirasakan dalam mengobati tukak lambung. Cengkeh mengandung minyak esensial yang mampu meningkatkan produksi lendir lambung. Jika produksi lendir lambung meningkat, maka bisa mencegah asam lambung serta adanya luka di dinding lambung karena cairan asam lambung. 

Itulah manfaat buah cengkeh.!

0 Response to "5, Manfaat Buah Cengkeh untuk Kecantikan Dan Juga Bisa Membunuh Bakteri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel