5. Manfaat Pete Untuk Kesehatan

Jika anda melihat buah pete nafsu makan Anda mendadak naik karena melihat pete? Tidak apa-apa, kok. Fakta pete selengkapnya bisa Anda simak di artikel in

Pete, atau yang secara formal ditulis petai atau basa sunda namanya petey, disukai banyak orang tetapi secara bersamaan juga sering dihindari. Orang-orang biasanya menghindari pete karena terganggu dengan bau yang kurang sedap setelah menyantapnya. Bau tersebut dianggap dapat mengganggu kenyamanan orang-orang di sekitar plus menurunkan kepercayaan diri. 

Namun, jika Anda tahu fakta seputar pete, mulai dari manfaat, cara mengolah, hingga cara menghilangkan baunya, dijamin setelah itu Anda tak akan lagi menghindari pete. Untuk itu, artikel ini akan membahas:

pete, atau dalam bahasa Inggris disebut bitter bean, merupakan suku polong-polongan (Fabaceae) dan anak-suku petai-petaian. Pete tersebar luas di nusantara bagian barat dan menjadi makanan favorit bagi kebanyakan masyarakat suku Sunda dan Betawi. Untuk dikonsumsi, pilihlah pete yang masih muda dalam keadaan segar (mentah) ataupun pete yang direbus. Biasanya, pete dinikmati bersama dengan sambal terasi pedas.

Banyak orang menyukai pete, namun tak sedikit pula yang menghindarinya karena ada efek bau setelah memakannya. Bau tersebut bisa dirasakan melalui bau mulut ataupun bau saat buang air kecil.

Tonton Juga:  Pedesaan Yang Masih Alami, Suasana Di Kampung Padarame Garut Jawa Barat

Bau ini sesungguhnya berasal dari kandungan asam amino dengan unsur sulfur atau belerang yang cukup tinggi pada pete. Meskipun berbau, asam amino ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Kompas.com, senyawa triptofan, salah satu asam amino pada pete, akan berperan sebagai serotonin, yang dapat membuat seseorang menjadi relaks dan membantu mengatasi stres atau depresi.

Selain asam amino, pete juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, ada juga kandungan vitamin B6 yang berperan untuk memperbaiki mood. Pete juga mengandung karbohidrat yang mengandung tiga unsur utama, yakni sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Ketiganya bermanfaat sebagai energy booster.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pete juga mengandung flavonoid, senyawa antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, studi menyebutkan bahwa petai menjadi tanaman dengan kandungan flavonoid tinggi. Dengan daya tahan tubuh yang baik, seseorang akan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Baca Juga: 10, Manfaat Air Kelapa Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

2. Membantu melawan bakteri jahat di dalam tubuh

Bakteri jahat merupakan salah satu penyebab menurunnya kekebalan tubuh dan bisa menimbulkan penyakit. Mengonsumsi pete bisa membantu mengatasinya, berkat kandungan trithiolane dan hexathionine yang berperan untuk membantu melawan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh.

3. Sebagai antidepresan

Kandungan tryptophan pada pete akan diubah menjadi serotonin oleh tubuh. Serotonin merupakan zat yang menimbulkan perasaan relaks pada tubuh.

4. Membantu mengatasi sembelit

Pete juga kaya akan serat yang membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh, sehingga membuat Anda terhindar dari sembelit.

5. Sebagai mood booster saat menstruasi

Bagi perempuan, menstruasi kadang membuat tubuh menjadi tidak nyaman, seperti muncul rasa nyeri di bagian perut, kram, kembung, dan sebagainya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada suasana hati, yang dikaitkan dengan PMS (premenstrual syndrome). Pete mengandung vitamin B6 yang mampu mengontrol kadar gula darah, sehingga masalah mood pun bisa teratasi.

0 Response to "5. Manfaat Pete Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel