Inilah Aneka Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Mata



Terkenal sebagai tumbuhan berkhasiat, ternyata ada banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan mata.

Ketika ditanya mengenai tumbuhan apa yang baik untuk kesehatan mata, pasti spontan kebanyakan orang menjawab wortel. Ya, memang tidak salah. Tidak ada yang meragukan manfaat wortel untuk kesehatan mata. Namn tahukah Anda, tenyata ada banyak jenis tumbuhan lain yang bisa disajikan di atas meja makan untuk menunjang kesehatan mata. Salah satunya adalah daun kelor. Sudah sejak lama daun kelor digunakan untuk berbagai keperluan kesehatan. Bahkan belum lama ini, ilmuwan barat sampai menjuluki daun bernama ilmiah Moringa oleifera ini dengan sebutan ‘Miracle Tree





Kandungan Daun Kelor yang Sangat Membuatnya Berkhasiat

Berdasarkan dari berbagai penelitian, didapatkan fakta yang sungguh mencengangkan. Betapa tidak, di dalam daun kelor ternyata terkandung: Potasium, 3 kali lebih banyak dibanding pisang Vitamin A, 4 kali lebih banyak dibandingkan wortel Vitamin C, 7 kali lebih banyak dari jeruk Kalsium, 4 kali lebih banyak dari susu. Vitamin B1 (tiamin) Vitamin B2 (riboflavin) Vitamin B3 (niacin), B-6 Folat Kalium Besi Magnesium Fosfor Seng Selain itu, daun kelor juga mengandung berbagai jenis asam amino essensial, berbagai senyawa antioksidan seperti Lutein dan Zeaxanthin yang manfaatnya tentu sudah diakui oleh para ilmuwan. Dengan fakta zat nutrisi tersebut, maka julukan ‘Miracle Tree’  memang layak disematkan pada daun kelor. Manfaat daun kelor untuk Kesehatan Mata

Sumber: Aneka Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Mata 

Sekarang, mari kita telaah lebih dalam mengenai manfaat daun kelor untuk kesehatan mata. Berikut daftar kandungan daun kelor yang berkhasiat untuk kesehatan mata: Lutein dan Zeaxanthin – Nutrisi penting yang ditemukan dalam daun kelor serta sayuran berdaun hijau, serta makanan lain, seperti telur. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin mengurangi risiko penyakit mata kronis, termasuk degenerasi makula terkait usia dan katarak. Vitamin C – Bukti ilmiah menunjukkan bahwa vitamin C menurunkan risiko pengembangan katarak, dan ketika dikonsumsi bersamaan dengan nutrisi penting lainnya, vitamin C dapat mengurangi kemungkinan mengalami degenerasi makula terkait usia dan hilangnya ketajaman visual.

Seng – Mineral yang dikatakan sebagai “molekul penolong” ini memainkan peran penting dalam membawa vitamin A dari hati ke retina untuk menghasilkan melanin, pigmen pelindung di mata. Seng sangat terkonsentrasi di mata, sebagian besar di retina dan koroid, lapisan jaringan pembuluh darah yang terletak di bawah retina.

Manfaat Daun Kelor Lainnya Bagi Kesehatan Tubuh

Tentunya, ada banyak manfaat daun kelor selain untuk mata, berikut diantaranya: 

1. Mengobati edema Sifat anti-inflamasi daun kelor mungkin efektif dalam mencegah perkembangan edema. Edema itu sendiri merupakan kondisi yang menyakitkan di mana cairan menumpuk di jaringan tertentu dalam tubuh. 

2. Melindungi hati Kelor tampaknya melindungi hati terhadap kerusakan yang disebabkan oleh obat anti-tuberkulosis dan dapat mempercepat proses perbaikannya. 

3. Mencegah dan mengobati kanker Ekstrak daun kelor mengandung sifat yang mungkin membantu mencegah perkembangan kanker. Ini juga mengandung niazimicin, yang merupakan senyawa yang menekan perkembangan sel kanker. 

4. Mengobati keluhan perut Ekstrak daun kelor dapat membantu mengobati beberapa gangguan lambung, seperti sembelit , gastritis, dan kolitis ulserativa. Sifat antibiotik dan antibakteri dari kelor dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai patogen, dan kandungan vitamin B yang tinggi pada daun kelor membantu pencernaan. 

5. Memerangi penyakit bakteri Karena sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba, ekstrak daun kelor dapat memerangi infeksi yang disebabkan oleh Salmonella, Rhizopus , dan E. coli .

6. Membuat tulang lebih sehat Kelor juga mengandung kalsium dan fosfor, yang membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Seiring dengan sifat anti-inflamasi ekstrak kelor dapat membantu untuk mengobati kondisi seperti radang sendi dan juga dapat menyembuhkan tulang yang rusak. 

7. Mengobati gangguan mood Kelor dianggap bermanfaat dalam mengobati depresi , kecemasan , dan kelelahan. 

8. Melindungi sistem kardiovaskular Antioksidan kuat yang ditemukan dalam ekstrak kelor dapat membantu mencegah kerusakan jantung dan juga terbukti menjaga kesehatan jantung. 

9. Membantu luka untuk sembuh Ekstrak daun kelor telah terbukti membantu menutup luka serta mengurangi bekas luka. 

10. Mengobati diabetes Kelor membantu mengurangi jumlah glukosa dalam darah, serta gula dan protein dalam urin. Ini meningkatkan kadar hemoglobin dan kandungan protein keseluruhan pada mereka yang diuji. 

11. Mengobati asma Kelor dapat membantu mengurangi keparahan beberapa serangan asma dan melindungi terhadap penyempitan bronkial. Juga terbukti membantu fungsi paru-paru dan pernapasan secara keseluruhan lebih baik. 

12. Mengurangi tekanan darah tinggi Daun kelor mengandung isothiocyanate dan niaziminin, senyawa yang membantu menghentikan penebalan arteri, yang dapat menyebabkan tekanan darah naik. 

13. Mengobati anemia dan penyakit sel sabit Daun kelor dapat membantu tubuh seseorang menyerap lebih banyak zat besi, sehingga meningkatkan jumlah sel darah merah. Diperkirakan ekstrak daun kelor sangat membantu dalam mengobati dan mencegah anemia dan penyakit sel sabit. Jadi, cukup banyak ya manfaat daun kelor untuk mata dan kesehatan tubuh pada umumnya. Oleh karena itu, jangan menganggap remeh tanaman yang satu ini. Kita pun dapat mengonsumsi daun kelor dengan berbagai olahan, seperti sayur bening, jus, rebusan, teh, dan lainnya.

sumber: aladokter.com

0 Response to "Inilah Aneka Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Mata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel