5 Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Untuk Pemula 2020



Mau tau bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube?

Sederet bintang Youtube menghasilkan uang yang sangat fantastis. Terlebih lagi untuk generasi millenials, tentunya pernah mendengar nama-nama berikut;

Ryan Higa dari channel komedi Nigahiga berpenghasilan USD6.2K – 99.8K perbulan, dengan sekitar 21 juta subscriber
Raditya Dika dari serial youtube Malam Minggu Miko berpenghasilan USD9.7K – 155.8K perbulan, dengan sekitar 6 juta subscriber
Michelle Phan dengan make-up tutorial nya berpenghasilan USD257 – 4.1K perbulan, dengan sekitar 8 juta subscriber
Di Indonesia, banyak orang berpenghasilan puluhan hingga ratusan juta perbulan. Atta hallintar menghasilakn Rp 6 miliar per bulan (menurut beberapa media).

Sangat menggiurkan pastinya bagi pemula yang bersemangat dan ingin mempelajari mengapa beberapa youtubers begitu berhasil dan menarik di mata audiens.

Namun jika tujuan anda hanyalah semata-mata untuk uang dan keuntungan, kami rasa akan sangat sulit, karena profesi Youtubers tidak segampang yang kita semua pikirkan.

Tetapi jika anda memulai dengan tujuan untuk membangun konten yang berkualitas, anda pasti terkejut menyaksikan kesempatan dan respon baik dari para subscriber maupun perusahaan.

Cara mendapatkan Uang Dari Youtube

1.Memahami Demografi Audiens Anda

Akan sangat baik saat sebelum membuat channel youtube, anda berkontemplasi kepada siapakah video ditargetkan. Menentukan audiens yang tepat memposisikan anda di tempat yang jernih untuk mendapatkan uang dengan berbagai cara.

Contoh:

Channel makanan pasti penonton mau cara belajar memasak atau mengetahui letak makanan tersebut.

Channel game pasti mau menunjukkan apakah game tersebut rame atau mengetahui trik tersebut.

Channel fitness menunjukkan cara diet, menambat otot, dll.

Saya sarankan untuk fokus pada niche (spesialis) tertentu. Jangan sampai mempunyai banyak niche di channel anda.

Selalu FOKUS pada niche yang anda pilih di YouTube.

Anda dapat mengambil keuntungan penuh dari peluang yang dimiliki jika memahami target audiens.

Anda wajib memperhatikan:

Gender untuk distribusi pria dan wanita, dan jika audiens Anda condong ke satu arah.

Usia untuk rentang yang dimiliki sebagian besar audiens Anda.
Lokasi geografis untuk negara atau kota di mana pemirsa Anda menonton video Anda.
Waktu Tonton: Keterlibatan keseluruhan pemirsa Anda saat menonton video Anda.
Kombinasi di atas untuk menggambarkan peta yang lebih akurat dari audiens Anda dengan melihat hal-hal seperti jumlah pemirsa pria yang Anda miliki dalam rentang usia tertentu.
Dengan informasi demografis ini, Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang audiens Anda sendiri dan juga dapat bekerja lebih baik dengan brand. Anda juga dapat menggunakan socialblade untuk membandingkan saluran Anda sendiri dengan yang lain.

Sekarang, mari kita kupas tuntas berbagai cara agar anda dapat menghasilkan uang dari YouTube.

Sama seperti menjadi influencer blogger dan Instagram, pengikut dan audiens anda mungkin membuka potensi penghasilan, namun sebenarnya memanfaatkan berbagai aliran pendapatan lebih membantu dalam menghasilkan uang.


2.Menjadi Mitra YouTube dan Dapatkan Uang Dari Iklan

Aliran pendapatan pertama yang akan Anda jelajahi adalah iklan.

Anda harus mengatur diri Anda sebagai Mitra YouTube, yang mudah dilakukan di bagian Creator Studio dari akun YouTube Anda dengan masuk ke menu Saluran untuk memverifikasi akun Anda dan mengaktifkan Monetisasi.

Setelah menjadi Mitra, Anda harus memiliki akun AdSense untuk memilih jaringan iklan Google agar benar-benar dibayar dan melihat laporan pendapatan iklan seperti yang di bawah ini.


Setelah selesai, Anda akan melihat “$” hijau di samping video Anda di Pengelola Video, yang menunjukkan apakah itu telah diaktifkan untuk monetisasi, yang dapat Anda klik untuk mengakses pengaturan monetisasi untuk setiap video.

Pengaturannya mudah, tetapi aliran pendapatan dari beriklan sebagai mitra YouTube tidaklah banyak.

3.Jangan Hanya Mengandalkan Iklan untuk Penghasilan

YouTube baru-baru ini menerima banyak reaksi karena keputusannya untuk lebih transparan tentang beriklan di platform dan apa yang memenuhi syarat sebagai konten yang “ramah pengiklan”. Pada dasarnya, banyak pembuat khawatir mereka akan kehilangan pendapatan iklan yang membantu mendukung saluran karena sifat konten mereka.

Menurut YouTube, konten Anda dapat ditolak dari iklan jika termasuk:

Konten sugestif seksual, termasuk ketelanjangan sebagian dan humor seksual.
Kekerasan, termasuk tampilan cedera serius dan peristiwa yang terkait dengan ekstremisme kekerasan.
Bahasa yang tidak pantas, termasuk pelecehan, kata-kata kotor dan bahasa vulgar.
Promosi obat-obatan dan zat yang diatur, termasuk penjualan, penggunaan, dan penyalahgunaan barang-barang tersebut.
Subjek dan peristiwa yang kontroversial atau sensitif, termasuk subjek yang berkaitan dengan perang, konflik politik, bencana alam, dan tragedi, bahkan jika gambar grafis tidak diperlihatkan.
Tetapi kenyataannya YouTube telah merusak konten yang tidak dianggap “ramah pengiklan” sejak 2012 melalui proses otomatis.

Banyak YouTuber kehilangan pendapatan iklan karena video mereka kadang-kadang dihancurkan tanpa peringatan dan tanpa sepengetahuan mereka.

Sekarang situasinya sudah lebih baik, karena pencipta diberitahu ketika ini terjadi dan dapat bersaing dengan video apa pun yang secara keliru dikecualikan dari jaringan periklanan YouTube.

Periklanan mungkin merupakan cara yang umum untuk menghasilkan pendapatan pasif bagi pembuat, tetapi untungnya adalah YouTube dapat mempertahankan sekitar 45% bagian dari pendapatan iklan.

Singkatnya, YouTubers harus menjelajahi aliran pendapatan lain untuk mempertahankan hobi kreatif mereka. Jadi, mari kita manfaatkan aliran pendapatan lain!

4.Hasilkan Uang Di YouTube Dengan Menjual Produk atau Merchandise


Menjual merchandise seperti kaos, cangkir kopi, tas jinjing, snapback dan lainnya memiliki manfaat di luar pendapatan.

Ini meningkatkan eksposur dengan menempatkan merek dan kepribadian online Anda ke dunia offline dan memperdalam hubungan antara Anda dan penggemar saat mereka benar-benar “membeli” apa yang Anda lakukan.

Michelle Phan menjual line makeup dia sendiri dengan merek Em Cosmetics.

Ataupun anda dapat memesan desain terjangkau yang dirancang untuk produk tertentu misalnya kaos, menggunakan situs freelance seperti Fiverr.

Ketika menangani pesanan dan pelanggan, anda dapat mengintegrasikan toko Anda dengan layanan seperti Oberlo atau salah satu dari banyak penyedia cetak-on-demand yang mengurus semua pengiriman, pemenuhan dan dukungan pelanggan, ini memungkinkan Anda menuai semua manfaat dari bisnis dropshipping yang menuntut sedikit usaha di pihak Anda.

Sebagai seorang YouTuber yang sudah mendapatkan audiensi, Anda akan memiliki dua keuntungan sejak awal yang membuat sirik pemilik toko lain:

Mesin konten yang secara konsisten mengarahkan lalu lintas ke toko Anda.
Kepercayaan audiens Anda, yang telah Anda dapatkan dengan secara teratur menyajikan kepada mereka merek konten Anda sendiri secara gratis.

5.Crowdfund Proyek Kreatif Anda Selanjutnya

Ketika uang menjadi penghalang antara gagasan dan pelaksanaan, crowdfunding adalah cara yang baik untuk mengatasinya.

Apakah Anda memerlukan bantuan untuk membeli peralatan yang lebih baik, merekrut aktor atau menutupi biaya produksi lainnya, Anda dapat meminta audiens Anda dan komunitas crowdfunding untuk melakukan pitching jika ide Anda cukup menarik.

Banyak proyek kreatif crowdfunded yang berhasil cenderung menawarkan “sneak peak” atau “cuplikan” yang membuat orang bersemangat. Rekamlah video yang menjelaskan proyek anda atau menawarkan rasa seperti apa itu, seperti Kickstarter populer untuk Kung Fury, film pendek yang memberi penghormatan pada film aksi tahun 80-an.

Situs crowdfunding yang populer dengan rekam jejak kampanye yang terbukti dari YouTuber termasuk:

Kickstarter: Salah satu situs crowdfunding paling terkenal dan bagus untuk mendanai produk keren dan proyek kreatif. Pastikan untuk menetapkan tujuan pendanaan yang dapat dicapai karena Anda hanya akan mengamankannya jika Anda benar-benar memenuhi tujuan yang Anda tetapkan.
Indiegogo: Alternatif Kickstarter yang menawarkan opsi pendanaan yang lebih fleksibel.

0 Response to "5 Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Untuk Pemula 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel