Friday, 24 July 2020

cara membuat Youtube channel


Sebagai pemula tentu kamu bingung ingin memulai dari mana saat akan membuat YouTube channel. Tapi tenang, ada beberapa cara membuat YouTube channel yang bisa membantumu lebih mudah dalam memahami proses pembuatannya. 

Panduan membuat Youtube channel

Saat ini menjadi seorang Youtuber seakan menjadi pekerjaan baru yang menarik. Mulai dari masyarakat biasa hingga artis pun ikut menjadi Youtuber. Apa yang membuat hal ini menarik? 

Karena ternyata jika kamu memberikan konten yang menarik, berguna, dan konsisten, kamu bisa memperoleh pendapatan dari YouTube. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin menjadi seorang YouTuber. 

1. Tentukan tipe konten dan target penonton

Sebelum kamu membuat video Youtube, ada baiknya kamu tentukan dulu tipe konten dan target penontonmu. Kamu bisa memulainya dengan mencari siapa saja kanal YouTube yang sejenis dengan milikmu. 

Melalui cara tersebut kamu bisa melihat bagaimana format kontenmu, dan siapa saja yang akan menjadi target penontonmu.  Hal ini akan memudahkanmu dalam membuat video-video lain setelahnya. 

2. Mulai membuat akun

Cara membuat YouTube channel selanjutnya adalah, setelah kamu akhirnya menentukan tipe konten, format video, dan target penonton, inilah saatnya kamu mulai membuat akun Youtube. Daftarkan dirimu di YouTube, lalu sign in. 

Setelah itu masuk ke dalam pengaturan, dan klik 'Create a new channel', lalu masukan nama YouTube Channel yang ingin kamu buat pada bagian 'Use a business or other name'. 

3. Lengkapi profil kamu

Setelah berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah mengisi bagian 'about'. Bagian ini berisikan deskripsi YouTube Channel milikmu dan video seperti apa saja yang akan kamu sajikan. 

Langkah selanjutnya adalah dengan mencantumkan cover Youtube Channel milikmu. Desain tentu bisa disesuaikan dengan keinginanmu, tapi untuk ukuran YouTube menyarankan setidaknya foto yang kamu gunakan berukuran 2560 x 1440 pixels dengan maksimum ukuran file 4MB. 

4. Ajak influencer membuat video bersama 

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah penonton YouTube adalah, dengan memperbanyak berkolobarasi dengan berbagai influencer YouTube. Sekitar 60 persen pengguna YouTube akan mempercayai rekomendasi dari YouTuber favorit mereka. 

Fans dari YouTuber akan yang kamu ajak berkolaborasi biasanya kemudian akan menjadi bagian dari subscribermu yang baru.  

5. Optimasikan dengan menggunakan SEO 

Bukan hanya situs yang bisa dioptimasi dengan SEO, YouTube Channel juga bisa. Nah, sebelum kamu membuat video, mungkin akan lebih baik jika kamu melakukan riset kecil mengenai keyword yang banyak dicari di YouTube. 

Setelah kamu sudah siap dengan beberapa hal di atas, langkah selanjutnya tentu membuat video pertamamu. Ingatlah untuk tetap konsisten dengan jadwal tayang video di YouTube Channel tersebut. 

Kesuksesan tidak akan datang jika kamu hanya sekali unggah. Tipsnya adalah, kamu bisa melakukan syuting dalam sehari untuk beberapa episode ke depan.

Cara memanfaatkan iklan di Youtube


Menghasilkan uang di Youtube sebenarnya membutuhkan waktu dan proses. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada jenis atau kualitas video yang kamu unggah. 

Youtube memiliki ketentuan dan syarat sebelum kamu bisa mengaktifkan iklan pada Youtube channel yang telah kamu buat, seperti jumlah pelanggan, durasi video yang ditonton, hingga jumlah penonton. 

Tips untuk meningkatkan pelanggan Youtube channel
Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sebelum mulai membuat YouTube channel penting bagimu untuk memikirkan target penonton. Youtube memberikan tempat agar kamu bisa menganalisa rata-rata umur dan asal penonton video yang telah kamu unggah. 

Dengan data tersebut, kamu bisa menyesuaikan video yang akan kamu tayangkan selanjutnya supaya bisa mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.

Kemudian, analisa kompetitor sejenis dengan bidang yang akan kamu geluti. Jelajahi berbagai YouTube channel dan catat video mana yang paling banyak dilihat dan paling sedikit dilihat. Tonton video-video tersebut untuk mengetahui jenis konten apa yang disukai oleh penonton kamu dan apa yang tidak sukai. 

Gunakan data tersebut sebagai strategi konten kamu sendiri. Selain itu, jangan lupa untuk memanfaatkan deskripsi pada video kamu. Dengan kata kunci dan deskripsi yang tepat, bisa membantu meningkatkan peringkat channel kamu di halaman pencarian Youtube.
Menjadi seorang YouTuber memang nampak menggiurkan terlebih lagi setelah melihat beberapa di antaranya yang sudah sukses. Tapi yang perlu kamu ingat bahwa selain mempraktikan cara membuat Youtube channel di atas, kamu juga perlu konsisten dengan yang kamu kerjakan. 

Ingat, kesuksesan tidak bisa kamu dapatkan secara instan. Jadi, tetap semangat, ya!

sumber:  www.ekrut.com

No comments:

Post a Comment