5,Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

 Assalamualikum wr wb.

Hay sobat bertemu lagi dengan sayah, kali ini saya akan kasih tahu beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh anda, berikut ulasannya.!


Oyah sobat perbedaan antara jahe merah dan jahe biasa adalah pada rasanya yang lebih kuat. Jahe merah memiliki rasa pedas yang lebih tajam karena kandungan minyak atsiri, gingerol dan zingeronnya lebih tinggi.

Jenis yang juga dikenal dengan nama jahe sunti ini merupakan bahan penting dalam industri jamu tradisional. Biasanya dipasarkan dalam bentuk segar dan kering. Rebusan air jahe merah dapat dikonsumsi setiap hari untuk membantu tingkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya batuk serta flu.

Berikut ini beberapa manfaat jahe merah untuk tubuh:

1. Meredakan mual

Manfaat jahe merah untuk kesehatan salah satunya adalah redakan mual. Jahe merah memiliki rasa pedas dan wangi yang khas. Jahe merah dapat membantu meredakan mual. Minum air jahe juga bermanfaat untuk meredakan mual dan muntah.

Jahe juga bisa mengurangi efek mual yang diakibatkan dari efek samping operasi, kemoterapi dan kehamilan (morning sickness).

2. Mengurangi peradangan

Manfaat jahe merah untuk pria dan wanita salah satunya adalah untuk mengurangi peradangan. Hal ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe merah seperti gingerol, gingerdione dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.

Baca Juga:10, Manfaat Air Kelapa Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tak hanya mencegah mual, manfaat jahe merah juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ekstrak jahe merah yang diseduh dengan air hangat atau dicampurkan teh dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat.

4. Mengurangi nyeri otot

Jahe merah dapat mengurangi nyeri otot yang disebabkan akibat olahraga. Dalam sebuah penelitian mengonsumsi 2 gram jahe merah per hari selama 11 hari secara signifikan dapat mengurangi nyeri otot pada orang yang melakukan senam siku.

Jahe merah tidak memiliki dampak langsung, tetapi mungkin efektif untuk mengurangi perkembangan nyeri otot sehari-hari.

5. Atasi gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan kronis (dispepsia) ditandai dengan nyeri dan rasa tak nyaman yang berulang di bagian atas perut. Diyakini bahwa pengosongan perut yang tertunda adalah pendorong utama gangguan pencernaan. Menariknya, jahe telah terbukti mempercepat pengosongan perut pada orang dengan kondisi ini.

Ok sobat itulah beberapa msnfaat jahe merah untk kesehatan.

TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT.

0 Response to "5,Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel