Gampang Banget Buat Sendiri Saja Manisan Kolang-kaling Kenyal Dan Legit



Daripada beli, lebih baik buat sendiri manisan kolang-kaling yang kenyal legit di rumah. Manisan ini bisa jadi stok bahan bukaan selama Ramadan nanti.

Siapa yang tidak suka dengan rasa manis kenyal dari manisan kolang-kaling. Manisan buah atap ini selalu diburu saat Ramadan tiba.

Penjaja manisan ini pun mulai mudah ditemui di bulan penuh rahmat itu. Namun terkadang manisan yang dijual di pasaran terasa kurang segar dan masih memiliki banyak lendir. Belum lagi warna mencolok yang tercipta dari penggunaan pewarna berlebih hingga bahan pengawet.

Daripada kecewa, lebih baik buat sendiri saja manisan kolang-kaling di rumah. Caranya sangat mudah. Ikuti langkah serta tips berikut ini saja.

1. Tips memilih kolang-kaling



Pilihlah kolang-kaling muda yang empuk dan kenyal jika dimasak. Kolang-kaling muda memiliki bentuk yang pipih lebar dan berwarna putih transparan. Begitu ditekan, teksturnya terasa lebih kenyal.

Sedangkan kolang-kaling yang sudah tua tentu akan tetap keras meskipun sudah dimasak dalam waktu yang lama. Ciri-ciri kolang-kaling tua antara lain memiliki tekstur yang keras jika ditekan lalu terdapat warna putih terang di bagian tengahnya.

Dari beragam jenis, kabarnya kolang-kaling Medan lah yang memiliki kualitas dan ukuran yang bagus dan besar. Bicara soal ukuran, sebaiknya pilih kolang-kaling muda yang punya ukuran sama. Supaya begitu dimasak, kolang-kaling akan matang menyeluruh di waktu bersamaan.

Baca juga:Mau Beli Kolang Kaling? Perhatikan Hal Ini Saat Memilihnya

2. Resep


Sebenarnya Anda tidak membutuhkan bahan yang terlalu banyak. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang berikut:

1 kg kolang-kaling
1 liter air cucian beras
2 lembar daun jeruk purut
1 lembar daun pandan
250 gram gula pasir
2 tetes pewarna makanan merah

3. Langkah pembuatan


Jika sudah mendapat kolang-kaling dan bahan yang tertera di atas, Anda hanya perlu mulai memasak dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

- Cuci bersih kolang-kaling lalu rendam dengan air cucian beras. Sesekali gosok kolang kaling menggunakan tangan agar lendir serta aroma asamnya hilang.
- Diamkan selama 1 jam atau lebih
- Bilas dengan air bersih dan tirisan
- Rebus kolang-kaling dengan air, daun jeruk, dan daun pandan hingga mendidih selama kurang lebih 30 menit
- Masukkan pewarna makanan sesuai dengan kecerahan warna yang diinginkan
- Usai kolang-kaling mulai empuk, masukkan gula pasir dan aduk hingga merata
- Masak terus hingga air berkurang dan kolang-kaling berwarna merah
- Tiris dan sajikan

Jika sudah matang, taruh manisan kolang-kaling di wadah tertutup dan simpan di dalam lemari es. Dengan begitu manisan kolang-kaling Anda akan tahan selama 2 bulan. Selamat mencoba

0 Response to "Gampang Banget Buat Sendiri Saja Manisan Kolang-kaling Kenyal Dan Legit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel